Sambung Nyawa

Budi daya tanaman obat, termasuk daun dewa dan sambung nyawa, dilakukan untuk tujuan melestarikan lingkungan hidu dan untuk memenuhi bahan baku obat tradisional. Untuk keperluan tersebut perlu diperhatikan kualitas produk bahan baku yang dihasilkan dan keaslian varietas tanaman. Dalam budi daya tanaman obat, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Setiap tahap mempunyai cirri tersendiri dan memerlukan perhatian khusus. Selain itu, lingkungan tumbuh merupakan faktor yang cukup penting karena berkaitan dengan peningkatan produksi tanaman, biaya produksi dan sifat genetic dari tanaman yang dapat dipertahankan. Berkaitan dengan lingkungan, iklim dan tanah merupakan faktor yang memungkinkan tanaman yang dapat berkembang secara baik. Masalah penanganan pascapanen juga ikut berperan dalam menentukan mutu atau kualitas atau simplisia yang dihasilkan.

Sambung nyaea termasuk dalam familiki Compositae, dikenal dengan nama ngokilo dan bahasa cina she juan jao atau fujung jai. Selain berkhasiat mengatasi gangguan peradangan lambung, penyakit kanker, dan tumor. Tanaman ini juga berperan dalam menurunkan kolesterol di dalam darah. Daun sambung nyawa dapat dikonsumsi segar sebagai lalapan atau diolah dalam bentuk  rebusan.  Sambung nyawa bisa digunakan dalam bentuk segar atau kering untuk pengobatan luar dan dalam. Untuk pengobatan dalam, tanaman direbus, lalu diminum airnya. Bisa juga meminum serbuk herba yang dimauskkan dalam kapsul. Untuk pengobatan luar  setelah diprosesm tanaman dapat ditempel langsung atau digosokkan pada bagian yang sakit. Penyakit yang dapat diobati, yaitu tekanan darah tinggi, radang pipa tenggorokan, sinusitis, tumor, diabetes melitus, lever, ambeien, kolesterol tinggi, maag, serta terkena bisa ular dan semut hutan. Perbanyakan tanaman sambung nyawa ini dengan menggunakan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, cukup berikan air dan pemupukan, terutama pupuk dasar secukupnya. Tanaman ini menghendaki tempat yang sedikit terlindung atau terbuka.

Tanaman sambung nyawa mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan tannin. Khasiatnya adalah untuk mengurangi efek pedas terhadap lambung dan usus besar, mencegah naiknya kolesterol, mengurangi efek buruk lemak dan santan terhadap peredaran darah dan mengatasi gangguan asam urat.

Dipasaran sekarang ada juga daun sambung nyawa yang diproduksi sebagia food supplement yang berbeda dengan sambung nyawa sebagai obat tradisional. Dalam food supplement ini sudah ditambahkan beberapa komponen lain yang mendukung terjadinya efek sinergi dari sambung nyawa dan komponen tambahan tadi. Selain untuk menjaga tekanan darah agar tidak baik, sebenarnya daun sambung nyawa masih mempunyai banyak efek lain yang bagus untuk kesehatan. Seperti mengendalikan kadar gula darah (antidiabetes), menurunkan kolesterol, mencegah dan memperbaiki kerusakan ginjal, dan mengurangi peradangan (ani-inflamasi).


=====================================

>>> Sambung Nyawa Mengatasi Kanker dan Tumor, Mengatasi Batuk Sinusitis, Radang Tenggorokan, Mengatasi Polip dan Amandel, Menurunkan Tekanan Darah, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Sambung Nyawa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>