Tanaman Obat Sambung Nyawa

Biasanya tanaman obat sambung nyawa dikonsumsi hanay sebagai lalapan yang dimakan sebagai hidangan pelengkap. Namun, belakangan ini sudah ada beberapa produsen yang mengolahnya menjadi serbuk yang dikemas dalam kapsul yang praktis. Dengan demikian konsumen yang kesulitan mengonsumsi sambung nyawa agar dapat  terbantu, lagipula dengan kapsul dapat diukur dosis yang kita konsumsi dan mudah kota konsumsi kapan saja dan dimana saja. Dipasaran sekarang sudah ada daun sambung nyawa yang diproduksi sebagai food suplemen yang berbeda dengan tanaman obat sambung nyawa sebagai obat tradisional. Dalam food supplement ini sudah ditambahkan beberapa komponen lain yang mendukung terjadinya efek sinergi dari sambung nyawa dan komponen tambahan tadi. Selain untuk menjaga tekanan darah agar tidak naik.

Tanamn obat sambung nyawa merupakan herba, berdaging. Batang memanjat, rebah, atau merayap, bersegi, gundul, berdaging, hijau keunguan menahun. Daun berbentuk helaian daun, bentuk bulat telur, bulat telur memanjang, bulat menjang, ukuran panjang 3,5-12,5 cm, lebar 1-5,5 cm, ujung tumpul, runcing, meruncing pendek, pangkal membulat atau romping. Tepi daun rata, bergelombang atau agak bergigi. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Jawa pada ketinggian 1-1.200 m dlp. Terutama tumbuh dengan baik pada ketinggian 500 m dpl. Banyak ditemukan tumbuh diselokan, semak belukat, hutan terang, dan padang rumput.

Cara perbanyakan tanaman obat sambung nyawa dapaqt dilakukan dengan stek batang. Pertumbuhan batang dan daun cepat sehingga dapat segera dimanfaatkan. Tanaman akan tumbuh baik pada tempat temaungi karena helaian daun lebih tipis dan lebar, sehingga lebih enak untuk dimakan segar. Daun sambung nyawa mengandung senyawa  flavonoid, tannin, saponin, steroid (triterpenoid). Sambung nyawa berkhasiat mengatasi hipertensi, antitumor, menurunkan kolesterol dan menyembuhkan luka bakar (dengan ditempelkan pada luka). Batang tanaman obat sambung nyawa sering digunakan untuk menurunkan demam. Sambung nyawa juga digunakan dalam upaya penyembuhan penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan, disamping itu d9igunakan pada upaya menghentikan perndarahan, mengatasi tidak datang haid dan gigitan binatang berbisa.

Daun tanaman obat sambung nyawa dapat digunakan untuk pengobatan :

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi
  2. Kencing manis (diabetes melitus)
  3. Kolesterol darah tinggi (hiperkolesterolemia)
  4. Demam, radang tenggorok
  5. Fungsi ginjal menurun (kadar kreatinin tinggi)
  6. Kista, benjolan atau tumor jinak
  7. Disentri.

Untuk obat yang diminum, rebus atau seduh daun segar (7-12 lembar). Untuk pemakaian luar, giling daun segar sampai halus. Bubuhkan pada tempat yang sakit, seperti bisul.


=====================================

>>> Sambung Nyawa Mengatasi Kanker dan Tumor, Mengatasi Batuk Sinusitis, Radang Tenggorokan, Mengatasi Polip dan Amandel, Menurunkan Tekanan Darah, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Khasiat Sambung Nyawa, Sambung Nyawa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>